Sabtu, 05 Januari 2019

Keharmonisan Mahasiswa KKN UTM 41 bersama para petani desa Serabi Barat


Desa Serabi Barat adalah sebuah desa dimana sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. hal tersebut dikarenakan tanah yang ada di Serabi Barat subur dan sumber air yang mencukupi. terdapat beberapa jenis tumbuhan yang ditanam oleh para petani desa Serabi Barat. penanaman tumbuhan yang dilakukan oleh para petani disesuaikan dengan iklim pada setiap tahunnya. Jagung, kacang-kacangan, ketela dan singkong ditanam pada saat musim kemarau. Tanaman padi berpotensi besar ditanam oleh para petani pada saat musim hujan.
Namun, tidak menutup kemungkinan para petani juga bisa menanam padi pada saat musim kemarau, itu disebabkan karena sumber pengairan di desa Serabi Barat masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tanaman di musim tersebut. Selain tanaman padi masyarakat juga menanam jenis buah-buahan seperti semangka, melon dan blewah dan sayur mayur seperti, timun, tomat, terong, bayam, sawi, kangkung dan cabai pada musim hujan.
kehadiran mahasiswa KKN UTM 41 di desa Serabi Barat berfungsi untuk menerapkan tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengabdian, dan penelitian. Hal ini berfungsi untuk membangun suatu keharmonisan antara mahasiswa dengan masyarakat di dalam kehidupan nyata. Bentuk dari keharmonisan itu direalisasikan dengan cara ikut serta dalam proses penanaman padi (manjha').  
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keharmonisan Mahasiswa KKN UTM 41 bersama para petani desa Serabi Barat

Desa Serabi Barat adalah sebuah d esa dimana sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. hal tersebut dikarenakan tanah yang ada ...