Senin, 06 Februari 2017

Tentang Desa Serabi Barat



Gapura atau tanda memasuki kawasan Desa Serabi Barat (melalui Jalan Raya Kecamatan Modung)

Desa Serabi Barat merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Desa ini berjarak 7 Km dari Kecamatan Modung dengan luas desa sebesar 7,33 km2. Desa ini berlokasi sekitar 45 Km dari pusat kota Kabupaten Bangkalan dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Bangkalan. hampir separuh dari luas desa Serabi Barat digunakan untuk area pertanian.
Desa Serabi Barat memiliki tujuh dusun yaitu Dusun Pangkennong, Satreyan, Jhantor, Parseh, Kedduh, Loktok dan Rangmengak. Untuk sampai ke desa ini, harus melewati kecamatan Tanah Merah dan Galis. Letakn Desa Serabi Barat berada di perbatasan antara Galis dan Blega atau lebih tepatnya bersebelahan dengan Desa Gigir, Kecamatan Blega. Sepanjang perjalanan menuju Desa Serabi Barat kita akan disuguhi pemandangan keramaian pasar besar yaitu pasar Patemon, pasar Tanah Merah dan Pasar Galis. Selain itu kita dapat melihat pemandangan hutan jati yang masih asri dan dilindung oleh Perhutani. Akses jalan menuju Desa Serabi Barat juga tergolong bagus. 
Jalan Masuk Menuju Desa Serabi Barat, melewati Dusun Pangkenong
Desa Serabi Barat dapat dikatakan  desa agamis karena masih menjunjung tinggi nilai-nilai agama islam. Hal ini terlihat dengan berdirinya dua yayasan pondok pesantren besar dan berpengaruh yaitu yayasan Al-Azhar dan Darul Qorori. Selain itu terdapat 3 Masjid besar dan beberapa musholla yang tersebar di seluruh desa Serabi Barat. Di desa Serabi Barat terdapat kegiatan-kegiatan warga seperti pengajian, intihanan dan lain-lain.
Dalam kehidupan bermasyarakat, desa ini sangat menjunjung tinggi perdamaian dan kerja sama antar warga. Mata pencaharian di Desa Serabi Barat mayoritas adalah petani, peternak, pegawai dan perantau ke kota-kota besar. Kondisi perekonomian penduduk desa Serabi Barat dapat dikatakan menengah karena memang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan perantau ke kota-kota besar.
Desa Serabi Barat memiliki potensi paling besar dari segi pertanian dan  peternakan. Dari segi pertanian potensi terbesar di desa Serabi Barat ini adalah Jagung, Tebu, Kacang dan Padi. Sedangkan dari segi peternakan berpotensi pada hewan ternak seperti sapi, kambing dan ayam. Penduduk desa Serabi Barat memiliki ketertarikan tersendiri dalam beternak sapi karena sebagaian besar warganya memelihara sapi.
Desa Serabi barat juga terkenal dengan sumber mata air dibawah tanah karena setiap tanah di desa Serabi Barat mengandung air jernih dan tidak pernah habis. Air merupakan ciri khas utama dari Serabi Barat. Terdapat dua sumber air besar di desa Serabi Barat yang terletak di dusun Satreyan dan dusun Jhantor.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Video Profil Desa