Senin, 06 Februari 2017

Sejarah Desa Serabi Barat



 
Sumber Satrean, sumber terluas di Desa Serabi Barat


Desa Serabi Barat merupakan sebuah desa di Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. nama Serabi Barat diambil dari kata serabi yang berasal dari bahasa Arab yaitu sharabi yang artinya air. Mengapa mengambil kata sharabi yang artinya air karena di Desa Serabi Barat memiliki banyak sumber air dibawah tanah. Setiap tanah di Serabi Barat mengandung air jernih yang bisa dijadikan air minum  karena sangat jernih.
Serabi Barat dikenal sebagai desa yang kaya dengan air dan tidak pernah kekurangan air meskipun ketika musim kemarau.
Serabi Barat memiliki sebuah tradisi yang dilakukan setiap bulan sya’ban yaitu melakukan tasyakuran dengan menyajikan jajanan serabi untuk mengingatkan bahwa serabi adalah kue yang sangat nikmat seperti kenikmatan setiap orang yang makmur akan air Desa Serabi Barat.
Desa Serabi awalnya menjadi satu namun, karena terlalu luas maka di pisah menjadi dua desa yaitu Serabi Barat dan Serabi Timur. Di Serabi Barat memiliki keunikan tersendiri yang mana apabila menggali sumur cukup menggali dengan kedalaman 8 meter sudah mengeluarkan air, dan konon katanya meskipun penggaliannya di tanah yang gersang atau berbatu sekalipun tetap saja mengeluarkan air.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Video Profil Desa