Senin, 06 Februari 2017

Kondisi Demografi Desa Serabi Barat


 
Hamparan Sawah Warga Desa Serabi Barat
 


1. Penduduk Desa

Desa Serabi Barat merupakan salah satu desa dari 17 desa yang berada di Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Total penduduk desa Serabi Barat adalah 4.353 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 2.146 jiwa dan perempuan 2.207 jiwa. Sedangkan jumlah kepala keluarga yang ada di desa Serabi Barat sebanyak 1.020 KK.


2. Pendidikan Penduduk

            Tingkat pendidikan penduduk di desa Serabi Barat ini rata-rata adalah tamat Sekolah Dasar (SD). Jumlah penduduk pra sekolah yang ada di desa Serabi Barat sebanyak 327, sedangkan jumlah penduduk yang tingkat pendidikannya di jenjang Sekolah Dasar (SD) adalah 1.867. jumlah penduduk yang ada di tingkat Sekolah menengah pertama (SMP) adalah 281 orang, jumlah penduduk yang ada di tingkat Sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 72  orang dan terdapat 9 orang yang tingkat pendidikannya adalah diploma/sarjana.  
            Fasilitas pendidikan yang terdapat di Desa Serabi Barat berupa dua Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN Serabi Barat 1 dan SDN Serabi Barat 2. Selain itu terdapat dua Ponpes yang mayoritas swasta yaitu Al-azhar yang terdiri dari MI, MTs dan MA serta Darul Qorori yang terdiri dari SMP dan SMA  keduanya dikelola oleh yayasan. Sehingga dapat diartikan tingkat pendidikan pendidikannya masih rendah.

Warga desa yang mencari pakan ternak

3. Mata Pencaharian Penduduk

            Mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Serabi Barat adalah sebagai Pertani, karena  desa Serabi Barat merupakan desa pertanian.
            Jumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani adalah 1.083 jiwa, jumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai pedagang adalah 157 jiwa. Sedangkan, jumlah penduduk yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) adalah 8 orang. Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai buruh sebanyak 270 orang dan yang berprofesi dibidang jasa sebanyak 11 orang.

4. Kesejahteraan Penduduk

            Kesejahteraan merupakan suatu hal yang wajib diperoleh oleh setiap penduduk. Bukankah telah kita ketahui bersama bahwa salah satu tujuan negara Indonesia adalah mensejahterkan rakyatnya. Tingkat kemakmuran suatu negara dikatakan baik apabila penduduk tersebut telah mendapat kesejahteraan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan upaya dari pemerintah untuk mensejahterakan penduduknya. Kesejahteraan suatu penduduk itu sendiri dapat dilihat dari kesejahteraan pendapatan di tiap keluarga.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Video Profil Desa