Rabu, 25 Januari 2017

TANAH SUBUR BERKAH WARGA DESA SERABI BARAT

Lahan Pertanian Desa Serabi Barat

Desa serabi barat dikenal sebagai desa yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam yang menjadi kebanggaan desa serabi barat diantaranya sumber air dan hamparan tanah yang subur. Warga desa serabi barat pada umumnya bermata pencaharian sebagai seorang petani, peternak, dan tidak sedikit pula bekerja sebagai pedagang yang merantau di kota-kota besar.


Kegiatan bersih-bersih di jalan sekitar sawah

Hamparan tanah subur ini tidak terlepas dari pengaruh banyak nya air yang ada di bawah permukaan tanah wilayah desa serabi barat. Menurut masyarakat sekitar, untuk dapat memperoleh air sebagai pengairan sawah cukup mudah. Dengan menggali sumur kurang lebih 10 meter, masyarakat dapat menikmati air yang melimpah. Air sumur yang dibuat sendiri oleh warga berbeda lagi dengan banyak nya keberadaan sumber air yang keluar secara alami dari bawah tanah di beberapa tempat tertentu.


Tanaman Jagung di Lahan Pertanian Warga Serabi Barat

Masyarakat di Desa Serabi Barat kebanyakan menanam padi, jagung dan kacang. Menurut Pak Anam sebagai salah satu petani di Desa Serabi Barat mengungkapkan bahwa dalam satu tahun, petani menanam padi selama enam bulan dan di bulan selanjutnya petani menanam jagung atau kacang-kacangan. Menurut beliau, petani di Desa Serabi Barat cenderung menanam jagung dan kacang di musim kemarau karena petani ingin mencari jalan aman. Petani tidak ingin mengambil resiko apabila ingin menanam sayur mayur. Selain perawatannya yang cukup susah dan petani kurang terbiasa, dari segi penjualan sayur mayur lebih sedikit dibandingkan hasil dari penjualan jagung dan kacang. Petani di Desa Serabi Barat kebanyakan telah memiliki pengepul tersendiri untuk dapat memasarkan hasil pertanian warga sekitar.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Video Profil Desa